Wednesday, December 17, 2008

Dalil - Dalil Perusahaan

Kita semua mengetahui dalil Euclides yang sangat terkenal, yang bunyinya sebagai berikut : "DUA GARIS LURUS TIDAK AKAN MENGURUNG SUATU RUANG".
ada 16 dalil kebenaran yang nyata yang merupakan sendi-sendi yang penting bagi seluruh susunan sebuah perusahaan yaitu :

1. TIAP PERUSAHAAN PALING SEDIKIT MEMBUTUHKAN TENAGA DUA ORANG ATAU LEBIH.

kenyataan ini adalah untuk mencegah adanya faham yang dikuasainya sendiri dalam arti dia memutuskan tapi dengan ide beberapa orang, semua itu demi sebuah keuntungan saja, perusahaan bukan sesuatu yang dapat dilakukan sendiri.

Membuat dan menghasilkan barang bukan berusaha namanya,Robinson Crusoe seorang yang juga menghasilkan barang, akan tetapi dia belum bisa dikatakan berusaha, kalau soal bagaimana menjualnya belum termasuk didalamnya.

2. TIAP PERUSAHAAN MEMPUNYAI 3 UNSUR :
a. PEMBELI
b. PENJUAL
c. BARANG DAGANGAN
Tak ubahnya kursi berkaki tiga, untuk melancarkan perusahaan dibutuhkan tiga macam seperti yang tersebut diatas. setiap perusahaan dapat memperoleh hasil sebesar besarnya, djika orang - orang yang bersama mengusahakannya masing masing mempunyai tiga unsur yang berlainan. ada kalanya ketiga unsur ini berkumpul pada satu pengusaha, yang mempunyai tiga unsur yang berpadu menjadi satu, tapi sayang beribu sayang orang seperti ini jarang sekali ada, keserakahan yang membuat mereka mempunyai unsur INDIVIDU.

besuk kita sambung lagiii... ngantuk nie...

No comments: