Saturday, June 26, 2010

Peluang Bisnis Mainan Tumbuh 10%

Pernahkan anda memperhatikan mainan anak-anak di sekitar kita. Saya sendiri kadang berfikir sebenarnya banyak mainan anak-anak sebenarnya sangat sederhana tetapi digemari anak-anak. Tidak pernah terlintas dalam benak kita hal yang sederhana tersebut disukai anak-anak dan mendatangkan peluang usaha bagi orang-orang kreatif. Selain itu dunia anak yang merupakan dunia bermain bisa dimanfaatkan sebagai ajang bisnis mainan anak-anak. Bisnis mainan anak bisa dari yang hanya sekedar untuk kesenangan sampai yang bersifat edukatif, terserah anda akan memilih yang mana.

Saat ini Industri mainan di Indonesia memiliki prospek positif. Hal ini diungkapkan oleh Sudarman Wijaya, Vice Chairman for Marketing Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI). Pada tahun ini pertumbuhan industri mainan diprediksi bisa mencapai 10% dibanding tahun lalu.

Bisnis Industri mainan di Indonesia terbagi atas enam kategori, yakni mainan dari bulu atau beludru (soft toy), mainan dari logam (metal), mainan melengkung (inflatable), mainan edukasi dari kayu (wooden), mainan berbahan plastik (plastic injection toy), dan mainan elektronik komputer (computerize).

Saat ini, Indonesia hanya mengandalkan soft toy, metal, inflatable, dan wooden sebagai primadona ekspor dan lokal. Sementara, "Untuk mainan plastic injection toy dan computerize, Indonesia masih harus mengimpor dari luar negeri," jelasnya. Negara pengimpor mainan tersebut antara lain Hongkong, Taiwan, dan China.

Ada beberapa hambatan yang dialami pengusaha mainan tanah air terkait hal itu. Misalnya saja, keterbatasan modal, industri pendukung, serta sumber daya manusia.

Sudarman menilai, serbuan mainan impor untuk kategori plastic injection dan computerize cukup disayangkan mengingat tingginya permintaan dari pasar lokal. Apalagi, sejumlah importir menghalalkan berbagai cara untuk mengisi ceruk pasar ini yang menyebabkan banyaknya produk dengan kualitas rendah dan berbahaya bagi kesehatan anak di pasar.

Saatnya pelaku bisnis di Indonesia mengambil peran ini dengan menggairahkan bisnis mainan anak. Dengan kualitas dan manajemen mutu yang baik tentu mampu bersaing dengan produk import. Selain itu pasar bisnis mainan anak sangat terbuka lebar. Bisnis mainan anak juga bisa memanfatkan hal-hal yang ada di sekitar kita.




Sumber:
http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/39482/APMI-Optimis-Industri-Mainan-Tumbuh-10-

No comments: