Wednesday, May 13, 2009

“Pengaruh Iklan Rokok Djarum Black Terhadap Persepsi, Sikap & Minat Beli Konsumen”

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui keefektivitasan iklan rokok Djarum Black. Topik ini kami pilih untuk mengidentifikasi pengaruh isi iklan terhadap sikap iklan rokok Djarum Black dan mengidentifikasi pengaruh sikap merek rokok Djarum Black terhadap minat beli. Dengan demikian diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pendugaan terhadap efektivitas suatu iklan yang dibayangkan terhadap minat beli konsumen.
Peserta pada penelitian ini adalah orang muda perokok dengan umur berkisar antara 17 tahun sampai 25 tahun dan berdomisili di wilayah Yogyakarta. Jenis produk yang digunakan adalah Rokok Djarum Black. Tipe iklan slice of life dari kehidupan orang muda seperti yang diiklankan oleh rokok Djarum Black. Penggambilan sample dengan metoda Purposive Random Sampling. Pengujian dilakukan dengan metoda analisis korelasi dan regresi. Serta obyek yang kami pilih dalam penelitian ini adalah Rokok Djarum Black.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk hipotesis pertama terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi merek (BR) terhadap sikap merek (BA) Rokok Djarum Black. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang menolak Ho dan menerima HA dimana nilai t hitung > t table.Hal ini dapat dikatakan signifikan, serta pada probabilitas menunjukkan angka (0,000.). Dengan demikian hipotesis pertama terbukti signifikan dengan kata lain persepsi merek rokok Djarum Black benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap sikap merek itu sendiri. Maka model ini dapat dipakai untuk memprediksi sikap terhadap merek. Pada hipotesis yang kedua juag terbukti benar sikap terhadap iklan rokok Djarum Black dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi terhadap isi iklan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t, dimana nilai t hitung > t table. Hal ini dapat dikatakan signifikan, serta pada probabilitas menunjukkan angka (0,000). Dengan demikian hipotesis kedua terbukti signifikan atau dengan kata lain persepsi isi iklan (AER) Rokok Djarum Black benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap sikap iklan itu sendiri. Maka model ini dapat dipakai untuk memprediksi sikap terhadap iklan. Sedang pada hipotesis ketiga juga terbukti benar bahwa minat beli konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh sikap konsumen terhadap merek rokok Djarum Black. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t, dimana uji t hitung > t table. Hal ini dapat dikatakan signifikan, serta pada probabilitas menunjukkan angka (0,000). Maka model ini dapat dipakai untuk memprediksi minat beli konsumen
Dari ketiga hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa minat beli konsumen sangat tinggi sebesar. Sehingga iklan Rokok Djarum Black sudah mengena dalam benak konsumen.