Wednesday, March 10, 2010

Menemukan Peluang Usaha

Pertanyaan yang sering diajukan banyak orang adalah Bagaimana cara menemukan peluang usaha? Usaha apa yang cukup memiliki potensi keuntungan yang tinggi? Pertanyaan yang wajar bagi setiap orang yang akan memulai menjalankan usaha bisnis. Menemukan peluang usaha yang cocok barangkali merupakan hal yang dirasakan sulit saat akan memulai, tetapi akan menjadi mudah jika sebuah bisnis sudah berjalan. Jika sebuah bisnis sudah berjalan maka akan muncul peluang usaha-peluang usaha baru yang menjanjikan. Dalam sebuah wawancara di sebuah televisi swasta, Bob Sadino enterpreneur yang sudah cukup dikenal mengatakan kurang lebih bisnis itu mengalir saja, jalani saja apa adanya nanti akan muncul peluang-peluang usaha di hadapan kita.

Kadang kita selalu berharap sebuah peluang usaha muncul dalam benak dan pikiran kita secara tiba-tiba tanpa kita berupaya menjemputnya. Sebuah kalimat bijak mengatakan "Peluang itu akan muncul sejauh mana kita memiliki kemampuan dan persiapan untuk Menerima peluang itu". Jadi yang diperlukan untuk menemukan peluang bukan semata-mata memikirkan peluang usaha apa yang cocok untuk saya, tetapi sejauh mana usaha kita untuk menerima sebuah peluang usaha itu.

Untuk memperjelas pernyataan itu ada sebuah contoh sederhana, jika tetangga anda melihat anda memiliki keahlian dalam memperbaiki komputer, suatu ketika tetangga tersebut mengalami masalah dengan komputernya kemungkinan dia akan meminta bantuan anda pertama kali. Jika anda berhasil memperbaiki kepercayaan tetangga anda akan bertambah, hingga anda akan menjadi "konsultan" dalam bidang komputer. Lebih lanjut lagi dia akan merekomendasikan kemampuan anda kepada kenalan-kenalan dan tetangga lainnya.

Sebaliknya Jika tetangga anda tahu bahwa anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang komputer,meskipun anda menawarkan diri kepadanya untuk menyelesaikan masalah komputer dia tidak akan percaya. Contoh sederhana tersebut memberikan gambaran bahwa peluang usaha akan muncul dengan sendirian jika kita mempersiapkan diri menjemputnya. Kata kuncinya adalah menyiapkan diri memiliki kemampuan menerima sebuah peluang usaha.

Peluang usaha biasanya datang dari hal-hal yang ada di dekat kita, dari kebiasan-kebiasaan yang kita lakukan, peluang usaha juga bisa muncul dari Hobi yang ditekuni secara terus menerus. Karena itu mulailah jeli melakukan pengamatan mterhadap apa-apa yang ada di sekitar kita. Prinsipnya adalah segala sesuatu yang dilakukan secara serius akan mendatangkan potensi peluang usaha. Tidak jarang hobi melakukan suatu kegiatan akan menjadi ladang penghasilan yang sangat besar nilainya. Maka untuk dapat menemukan peluang usaha mulailah dari hobi dan hal-hal terdekat anda dan kerjakanlah itu secara sungguh-sungguh, hingga akhirnya anda siap menerima peluang usaha datang pada anda. Tentu saja semua harus diawali keberanian untuk bertindak dan memulai usaha.

No comments: