Friday, August 6, 2010

Modal Kecil Bisnis Lele Sangkuriang

Bisnis ternak lele Sangkuriang saat ini tengah diminati oleh para pelaku usaha. Pasalnya, dengan modal yang sangat murah para peternak bisa meraup untung yang tidak sedikit dari bisnis ini. Selain karena usia panen lele jenis ini lebih pendek dibandingkan lele umumnya, hasil yang diperoleh juga tidak sedikit. Pembudidayaannya juga bisa dilakukan di mana saja, sehingga cukup mudah membudidayakannya.

“Permintaan lele Sangkuriang setiap harinya juga banyak sekali, apalagi belum terlalu banyak yang berkecimpung di bisnis ini. Itu sebabnya jika ada yang ingin menekuni usaha ini, pasar terbuka lebar dimana-mana, seperti restoran dan hotel. Kalau tidak memiliki pasar, bisa saja menjualnya pada saya. Harga lele ini bisa mencapai Rp11.500 per kilogramnya,” terang Nasrudin, seorang peternak lele Sangkuriang di Bogor.

Nasrudin mengaku hanya dengan modal Rp juta, setiap orang bisa mulai berusaha membudidayakan lele jenis ini. Selain itu dirinya juga tidak keberatan untuk mengajarkan dan membimbing pelaku usaha yang baru merintis usaha ini, hingga mereka mulai percaya diri. “Jika ingin mulai mengembangbiakkan lele Sangkuriang, saya menjual paket yang terdiri dari sepuluh ekor lele betina dan lima ekor lele jantan dengan harga Rp800.000,” sahut Nasrudin.


Sumber:
Waspada

No comments: