Monday, August 2, 2010

Peluang Bisnis Camilan Selalu Terbuka

Peluang Bisnis Camilan nampaknya akan selalu memberikan keuntungan. Camilan atau makanan ringan biasa bersanding suasana santai dikombinasi dengan dengan secangkir teh hangat atau kopi yang lezat. Camilan bisa membawa suasana obrolan antar sahabat dan famili menjadi lebih cair, hangat dan menyenangkan. Selain itu camilan biasa menemani kita saat dalam perjalanan atau di saat bekerja. Tak heran bisnis camilan tidak pernah ada matinya, peluang bisnis camilan ini selalu terbuka.

Segmen pasar bisnis camilan juga sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang lanjut usia. Semua memerlukan makanan camilan dalam kehidupannya. Lihat saja di seriap toko dari mulai toko kelontong hingga super market selalu tersedia makanan camilan. Ini membuktikan peluang bisnis makanan camilan selalu laris manis.

Ada banyak pilihan dalam menjalankan usaha bisnis camilan ini, bisa memproduksi sendiri atau cukup mengemas ulang dan memasarkannya. Bagi pemula, bisnis camilan dengan memasarkan lebih disarankan. Camilan dapat diperoleh melalui penyumplai. Usaha camilan ini bisa dimulai dengan membeli bermacam-macam camilan dalam jumlah besar. Setelah itu camilan tersebut bisa dijual dalam jumlah yang lebih kecil.

Usaha camilan ini menguntungkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar bahkan dengan uang sebesar Rp 500 ribu usaha ini bisa Anda jalankan. Selain itu, keunggulan camilan yang dapat bertahan lama menjadi keuntungan tersendiri. Jenisnya banyak serta pengelolaannya yang mudah, namun usaha ini berpotensi menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mengumpulkan data produsen camilan yang berkualitas dan harga terjangkau. Selain itu, kualitas camilan juga harus Anda perhatikan. Anda juga perlu memperhatikan lokasi penjualan camilan dan persiapan peralatan dan tenaga. Lokasi penjualan merupakan faktor terpenting dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Pilihlah lokasi yang dapat dijangkau banyak orang. Kemudian siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan dan tenaga. Beberapa lokasi yang cocok untuk penjualan camilan adalah, daerah kos-kosan, dekat dengan sekolah, dan lain-lain.

Potensi besar bisnis camilan ini tidak hanya terletak pada rasa dan keaneka ragaman saja, namun yang tak kalah menjadi perhatian adalah sang kompetitor. Jika ada kompetitor, maka Anda harus memiliki nilai lebih dalam produk Anda. Misalnya dari segi variasi, harga, atau kualitas yang lebih baik. Anda juga bisa memperbaiki dari segi layanan terhadap konsumen. Anda juga bisa memberikan sedikit inovasi pada kemasan Anda. Pilihlah kemasan yang aman dan menarik. Kemasan merupakan hal penting karena memberikan nilai lebih terhadap camilan yang Anda dijual.



Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/128-bisnis-mini/2942-renyahnya-bisnis-camilan.html

No comments: